Cara Menghilangkan Karat

Karat Merupakan musuh utama dari benda- benda yang terbuat dari besi ataupun yang lainnya. Karat dapat menghilangkan keindahan dari suatu benda, ataupun bagi alat pertukangan, karat dapat mengganggu suatu fungsi alat tersebut, seperti kurang tajam, kurang kuat, ataupun kurang indah warnanya. 

Pada postingan kali ini, kami akan membahas "Cara Menghilangkan Karat" diantaranya:


1. Cuka Apel
Cara pertama untuk menghilangkan karat adalah dengan memanfaatkan cuka apel. Sebenarnya, cuka putih juga bisa digunakan untuk menghilangkan korosi, namun tidak seefektif cuka apel.  Untuk menghilangkan karatan, Anda cukup merendam logam yang berkarat ke dalam cuka apel selama satu malam.
Pada pagi harinya, Anda bisa menggosok karat hingga karat pada logam hilang terkikis. Jika Anda tidak memiliki cuka apel, maka Anda bisa menggunakan cuka putih. Namun untuk mendapatkan hasil yang optimal Anda harus merendam logam yang berkarat dalam waktu yang relatif lebih lama.
2. Asam Fosfat dan Asam Klorida
Selain menggunakan kedua jenis bahan di atas, Anda juga bisa menghilangkan karat pada logam dengan menggunakan asam fosfat atau asam klorida. Untuk menghilangkan karat menggunakan asam fosfat, Anda cukup merendam logam berkarat pada asam fosfat selama satu malam. Kemudian Anda bisa mengikis karat pada logam di pagi harinya.
Asam fosfat bisa diperoleh dari minuman kola, rumput laut, dan juga molase. Jika Anda ingin memanfaatkan asam klorida untuk menghilangkan karatan, Anda cukup memanaskan logam yang telah diolesi dengan asam klorida.
Cara tersebut terbilang cukup efektif untuk menghilangkan karat pada logam. Bahkan setelah karat hilang, asam klorida tetap akan memberikan perlindungan agar karat tidak kembali muncul.
3. Kentang
Cara ini mungkin masih terbilang asing. Namun kandungan asam oksalat pada kentang cukup efektif untuk menghilangkan karat, terutama pada logam-logam kecil seperti pisau. Untuk menghilangkan karat pada pisau, Anda cukup menusukkan pisau ke dalam kentang kemudian diamkan selama satu malam. Setelah pisau dicabut, Anda bisa mengikis karat yang ada pada logam.
4. Lemon atau Jeruk Nipis
Cara lain untuk menghilangkan karatan adalah dengan memanfaatkan air perasan jeruk nipis atau jeruk lemon. Untuk menghilangkan karat pada logam, terlebih dahulu taburi logam yang berkarat menggunakan garam. Setelah itu rendam logam tersebut pada air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis. Setelah itu, Anda bisa menggosok logam yang berkarat agar karat pada logam hilang.
5. Soda Kue
Untuk menghilangkan karatan menggunakan soda kue, Anda cukup membuat pasta menggunakan soda kue terlebih dahulu. Caranya, campurkan soda kue dengan sedikit air hingga bentuknya menyerupai pasta gigi. Setelah itu, oleskan pasta soda kue tersebut pada logam. Kemudian gosoklah logam yang berkarat menggunakan sikat gigi atau sabut baja.
6. Minuman Bersoda
Minuman bersoda juga bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan karat pada logam. Caranya sangat mudah. Anda cukup merendam logam berkarat ke dalam minuman berkola. setelah beberapa saat, Anda bisa menghapus karat menggunakan kain atau benda lainnya.
7. Amplas
Cara ini mungkin sudah tidak asing atau bahkan sudah sering Anda lakukan untuk menghilangkan karat. Caranya sangat mudah dan sederhana. Anda cukup menggosokkan amplas pada logam yang berkarat.
Sekian postingan kami kali ini, maaf bila ada kesalahan dan terima kasih telah berkunjung. Sampai jumpa.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Menghilangkan Karat"

Post a Comment