Materi Biologi- Metabolisme (Anabolisme/ Fotosintesis)

Pada postingan kami kali ini kami akan membahas salah satu materi pelajaran Biologi kelas 12. Yaitu Anabolisme (Fotosintesis), sebagai berikut.


Anabolisme (Fotosintesis) adalah penyusunan bahan organik (karbohidrat) dari bahan anorganik (CO2 dan H2O) dengan bantuan cahaya matahari. Reaksi kimia fotosintesis dapat dituliskan

6CO2 + 6H2O -> C6 H12 O6 + 6O2

Fotosintesis terjadi dalam organel penyusun sistem endomembran, yaitu kloroplas. Ada dua reaksi dalam fotosintesis, yaitu reaksi terang dan reaksi gelap. Reaksi terang berlangsung dalam tilakoid. Sementara itu, reaksi gelap berlangsung dalam stroma.

1. Reaksi Terang

Dalam reaksi terang terdapat dua pusat reaksi. yaitu aliran elektron siklik dan aliran elektron nonsiklik. Aliran elektron siklik melibatkan fotosistem l. Fotosistem l adalah pusat reaksi yang terdiri atas sekumpulan klorofil yang dapat menangkap cahaya matahari dengan panjang gelombang 700nm (P700). Aliran elektron nonsiklik melibatkan fotosistem ll. Fotosistem ll dapat menangkap cahaya matahari dengan panjang gelombang 68nm (P680)

Energi cahaya yang mengenai klorofil menimbulkan fotolisis, Fotolisis adalah pemecahan molekul air menjadi ion hidrogen dan oksigen dengan melepaskan dua elektron. Elektron hasil fotolisis akan memasuki fotosistem ll dan diteruskan ke fotosistem l. Loncatan dari fotosistem ll ke fotosistem l melewati sistem transpor elektron. 

Proses loncatan elektron pada sistem transpor menghasilkan ATP. Pada akhir transpor elektron, elektron akan diikat oleh NAD+ sehingga terbentuk NADPH2.

2. Reaksi Gelap

Reaksi gelap disebut juga sirklus Calvin- Benson. Reaksi gelap terdiri atas tiga tahap, yaitu fiksasi, reduksi, dan regenerasi. 

Fiksasi adalah pengikatan CO2 di udara oleh ribulosa bifosfat (RuBP). Selanjutnya, CO2 dan RuBP dikatalisis oleh RuBP sintetase menjadi 3-fosfogliserat (PGA).

Reduksi adalah pengubahan fosfogliserat menjadi gliseraldehid-3-fosfat (PGAL). Sebelumnya, PGA diubah menjadi DPGA (1,3-bifosfogliserat) dengan menambahkan gugus fosfat dari ATP.

Selanjutnya, DPGA direduksi oleh NADPH2 membentuk PGAL.

Regenerasi adalah pembentukan glukosa dari 2 PGAL dan RuBP dari 10 PGAL.

Sekian postingan kami kali ini, maaf bila ada kesalahan, terima kasih telah berkunjung, dan sampai jumpa.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Materi Biologi- Metabolisme (Anabolisme/ Fotosintesis)"

Post a Comment